mediadepok.com – Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok menggelar kegiatan Festival Perahu Naga 2017 di Situ Pedongkelan, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Sabtu (25/11/2017). Kegiatan ini dibuka oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Dalam kesempatan tersebut, Mohammad Idris menyampaikan, dengan menggunakan situ untuk kegiatan olahraga sebagai potensi wisata air di Kota Depok akan terangkat sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung.

“Kita memiliki 23 situ yang tersebar di Kota Depok, melalui kegiatan ini diharapkan paor dari situ sendiri bisa terangkat. Yang terpenting adalah masyarakat sadar dan peduli untuk mau menjaga bersama kelestarian situ,” tuturnya.

Dirinya menyebutkan, bahwa pemanfaatan situ harus optimal. Kebedaraan situ selain memiliki fungsi edukatif, juga memiliki fungsi sosial untuk silaturahmi.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saat ini juga sedang fokus untuk menjadikan situ sebagai sarana rekreasi dan pariwisata. Melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan di situ, diharapkan sanggup meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke situ,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kota Depok, Sariyo Sabani mengatakan, sebanyak 33 tim siap bertanding dalam Festival Perahu Naga yang digelar di Situ Pedongkelan.

“Sebagian besar peserta berasal dari luar Depok, karena tahun ini kami tidak membatasi jumlah peserta dan wilayah. Nantinya mereka akan memperebutkan piala serta uang tunai. Untuk juara I sebesar Rp 7 juta, juara II Rp 5 juta dan juara III Rp 3 juta,” jelasnya.

Dirinya menyebutkan, beberapa tim yang ikut dari wilayah tetangga antara lain Bekasi, Purwakarta, Tangerang, dan Jakarta.

“Yang ikut banyak dari wilayah tetangga, di antaranya Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Purwakarta,” ujar Sariyo.

Dirinya berharap, kegiatan ini mampu menjaring atlet berprestasi untuk ikut dalam ajang SEA Games 2018 mendatang.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan masyarakat terhadap olahraga dayung. Selain itu, diharapkan lahir atlet-atlet berbakat untuk ikut dalam SEA Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang,” tandasnya.