mediadepok.com – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan di Kota Depok, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok telah mengalokasikan satu ton benih padi ciherang ke berbagai lahan pertanian di Kota Depok. Penanaman padi ciherang karena tingkat produktivitasnya yang tinggi dan menghasilkan nasi yang enak, sehingga sangat sesuai dengan program ketahanan pangan yang terus digaungkan Pemkot Depok.

“Kita sudah sediakan benih padi ciherang sebanyak satu ton. Sebagian sudah kita sebar ke beberapa wilayah seperti Limo, Sawangan dan Bojongsari. Sisanya ke wilayah timur yaitu Tapos,” tutur Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPP Hermin Kusmiati, di ruang kerjanya, Senin (20/03/2017).

Lanjutnya, menurut data yang dihimpun pada tahun 2016 masih terdapat 127 hektare lahan pertanian yang masih aktif dan melakukan panen. Sedangkan untuk distribusi bantuan, wilayah yang paling besar mendapatkan benih padi ciherang setiap tahunnya adalah Tapos, mengingat wilayah tersebut masih memiliki tanah yang subur dan belum banyak pembangunan fisik.

“Paling besar kita distribusikan ke Tapos dan wilayah tersebut menjadi wilayah terakhir jadwal pendistribusian. Untuk Limo dan wilayah lain yang telah mendapatkan bantuan, benihnya saat ini sudah ditanam,” jelasnya.

Hermin menambahkan, dalam satu hektare lahan persawahan, dapat ditanami 20-25 kilogram benih padi hasil bantuan tersebut. Sedangkan panen yang dihasilkan berkisar antara 5,5-7 ton per hektare, dengan catatan tidak terserang hama dan cuaca mendukung.

“Kami harap bantuan rutin ini dapat mensejahterakan petani di Kota Depok, seiring dengan program pemerintah yaitu, Depok Sahabat Petani,” tandasnya.