mediadepok.com – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok kembali memberikan bantuan mulsa bagi petani belimbing. Untuk memaksimalkan hasil panen belimbing dengan bantuan mulsa, petani bisa membungkus belimbingnya agar terhindar dari serbuan hama yang sering kali mengganggu.

Hermin Kusmiati mengatakan, tidak hanya itu, bantuan container box juga diberikan kepada petani belimbing yang tergabung dalam kelompok tani. Bantuan ini juga dirasa sangat membantu petani, sebab harga mulsa yang saat ini masih tinggi di pasaran.

“Kalau bantuan pupuk, mereka masih bisa membeli. Tapi, kalau mulsa dan container box harganya lumayan. Jadi kita anggarkan untuk pembelian mulsa dan container box untuk membantu mereka saat belimbing memasuki usia panen,” ujar Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPP Hermin Kusmiati, di ruang kerjanya, Senin (20/03/17).

Lanjutnya, untuk satu gulung mulsa biasanya dijual di pasaran dengan harga 700 ribu. Harga sebesar itu, sangat memberatkan petani, apalagi untuk petani kecil yang hanya menggunakan lahan pekarangan.

“Satu kelompok satu rol, cukup untuk beberapa hektare. Tahun lalu kita beri bantuan sebanyak 20 rol. Insya Allah Mei dan Juni akan mulai kita distribusikan, karena sudah memasuki masa panen. Wilayah yang mendominasi adalah Pancoran Mas, Cimanggis, Sawangan dan Limo. Untuk container box tergantung permintaan mereka (petani). Biasanya container lama masih bisa digunakan,” jelasnya.

Hermin menambahkan, ia pun mengakui fasilitas ini diberikan kepada petani yang sudah terdaftar di database DKPPP sebagai kelompok tani binaan Pemkot Depok, dan bantuan tidak diberikan kepada perorangan.

“Diharapkan bantuan yang diberikan secara bertahap ini, bisa merata agar semua petani belimbing mendapatkan fasilitas yang maksimal,” pungkasnya.